Belajar Wordpress Self Hosting : Bagian 1

Walaupun artikel ini dipublish di blogspot saya, setidaknya ini cara terbaik untuk berbagi kepada Anda, mengingat banyaknya Backlink yang disebar lewat blog sederhana ini juga faktor umur yang sudah lama.

Tulisan ini dibuat untuk Anda semua yang masih bingung dengan Wordpress Self  Hosting dimana kita akan menggunakan Wordpress.org bukan Wordpress.com, Anda mungkin masih bingung dengan segala seluk beluknya sama seperti saya dulu. Jika sebelumnya Anda menggunakan plattform Blogging seperti Blogspot, Tumblr, Mywapblog, Wordpress.com dll. Kini mari kita bersama belajar membuat website sendiri dengan Otoritas penuh kita yang memegangya, tak perlu lagi memikirkan dihapusnya Web/Blog akibat melanggar TOS dari penyedia layanan Blogging tersebut. seperti misal jika Anda masih menggunakan plattform Blogspot dan Wordpress biasa, disana Anda mesti mematuhi TOS yang diberlakukan oleh mereka, jika melanggar bersiaplah untuk menerima kenyataaan bahwa web/blog anda hilang dari peredaran. Berbeda jika menggunakan CMS sendiri, walau web/blog anda berisi "Ngawur", milik anda tidak akan pernah dihapus siapapun asalkan masih lancar membayar biaya hosting pada penyedianya. Paling berat ya cuma De-Indeks oleh mesin pencari, tapi masih bisa diakses Lhoo.

Oke, tanpa berbasa basi lebih lama, daripada Anda membeli Hosting Berbayar namun masih belum mengetahui seluk beluknya, lebih baik Trial/Latihan pakai yang Gratis saja dulu, kan Anda sukanya yang Gratisan, hahahaha.
Kali ini kita akan menggunakan CMS Wordpress sebagai medianya, bagi Blogger yang dulu terbiasa menggunakan Wordpress.com mungkin tak akan menemui kendala berarti dalam hal Posting memposting. beda kalu yang terbiasa memakai blogspot dll, mumet udah Pasti.

Pertama siapkan email Anda, saran saya pakailah Gmail, emal gratis terbaik. Buat apa menyiapkan email, dimana-mana ketika masih didunia maya, email adalah media verifikasi paling laris digunakan penyedia apapun di internet.

Sekarang buka IdHostinger Penyedia Hosting Gratis, daftarlah dan buat akun menggunakan email anda, 

IdHostinger


Pasti semua tahu dong cara mendaftarnya, tinggal masukkan Nama, Alamat Email anda, masukkan password dan kode Captcha.
Setelah mengisi Form pendaftaran, kini Bukalah email anda dan lihat Pesan yang masuk dari IdHostinger, Klik Link Verifikasi yang ada didalam emailnya. Akun baru bisa dibuka penuh jika sudah diverifikasi lewat link yang dikirim IdHostinger lewat inbox email Anda, ini untuk menghindari sp*mming.
Setelah Verifikasi, Anda baru bisa akses full akun Anda, kini pilih Tab Hosting > Order Hosting Baru > Pilih yang Gratis ya..

Hosting Gratis

Lanjut, pilih subdomain yang Anda sukai, disini saya prefer pakai subdomain zz.mu pilih nama yang anda sukai, jika sudah ada yang menggunakan, ganti nama lainnya ya,

Belajar Hosting Gratis

Lanjut lagi  isi kode captcha-nya  klik Order, kalau memasukkan kodenya salah anda akan disuruh mengulangi lagi memasukkan captchanya, jadi jangan sampai salah ya...

Membuat Hosting Gratis


Nah setelah berhasil mendaftar, maka akan muncul Tab sperti ini, jika belum ketemu, buka Tab Hosting > Semua Akun Hosting. Pilih Auto Installer.

Hosting Gratis Indonesia


Lalu pilih Wordpress ya, kan Kita mau belajar Wordpress Self Hosting

Auto Installer


Isi data Username dan Password Administratornya jangan sampai lupa ya, catet di kertas bila perlu, Lalu isi  Nama Website , untuk URL, anda isi saja WP, jadi nanti akan seperti contoh http://belajarhosting.zz.mu/wp. ini adalah folder tempat dimana aplikasi Wordpress diinstall

Wordpress-Self-Hosting

Klik Install dan tunggu beberapa saat ya,,,

Belajar Wordpress

Setelah terinstal sukses dan berhasil, kini coba anda buka Tab Baru pada Browser dan ketik alamat website yang baru saja anda buat, apakah bisa diakses?

Website Wordpress

Kalau berhasil, selamat dan berikan saya ciuman gratis ya,
hahahaha.

Lalu setelah itu bagaimana??
Anda tinggal Log In ke Dashboard website yang telah anda buat, caranya tinggal tambahkan permalink "wp-admin" jadi nanti seperti ini contohnya http://belajarhosting.zz.mu/wp-admin ini adalah alamat dasar untuk akses login pada website berplattform Wordpress. Log in-Lah dengan Username dan Password yang sebelumnya telah Anda buat.

Selamat Anda telah memiliki sebuah Website Wordpress Self Hosting.
Lanjut ke Belajar Wordpress Self Hosting : Bagian 2 Klik Disini




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

2 Responses to "Belajar Wordpress Self Hosting : Bagian 1"

  1. Replies
    1. Saran, untuk kemudahan dalam pembayaran, anda bisa menggunakan Penyedia Hosting yang biasa saya pakai disini > https://goo.gl/jFmVaZ

      Disana anda bisa memilih paket yang tersedia, saya sudah menggunakan jasa mereka selama 3 tahun belakangan ini, dan hostingnya masih lancar jaya,
      salam

      Delete