16 SEO Tools Untuk Optimasi Website

Dalam dunia mesin pencari seperti Google, Optimasi Website (SEO) adalah satu hal yang paling sering dilakukan beberapa orang dengan alasan agar websitenya mendapatkan tempat yang diinginkan (baca:posisi teratas). Jika Anda tidak melakukan optimasi, anda membutuhkan waktu lama untuk menepati posisi yang diinginkan, kecuali jika situs anda berkategori News. Untuk membantu Anda melakukan Optimasi, saya telah mengumpulkan  daftar tools gratis yang dapat membantu Anda untuk Optimasi Website.
  
SEO Tools


Mulai dengan,

Riset Kata Kunci 

1. Google AdWords Keyword Planner

Google AdWords Keyword Planner

Anda dapat menggunakan tools ini untuk mencari kata kunci , menentukan kata kunci yang ingin ditampilkan, dan membuat daftar kata kunci baru dengan beberapa daftar  kata kunci yang sudah ada.
Berikut adalah
cara menggunakan Keyword Planner untuk mencari kata kunci baru ;

Klik pada "Cari ide kata kunci dan  iklan baru."
   
 Masukkan satu atau lebih frasa yang menjelaskan produk Anda, URL halaman di situs Web Anda, kategori yang relevan dengan produk.
    
Klik "Dapatkan Ide".
    
Analisis kata kunci dari  Tab Iklan baru atau tab Ide kata kunci.
    
Klik panah dua kali untuk menambahkan  iklan baru atau ide kata kunci.
    
Klik pada "Dapatkan estimasi dan review rencana" untuk melihat maksimum grafik yang menampilkan

Tawaran Cost Per Click dan perkiraan lalu lintas harian.

2. KeywordTool.io

Keyword Tool


KeywordTool.io adalah tools penelitian kata kunci menggunakan Google yang secara otomatis menghasilkan kata kunci yang banyak . Tools ini termasuk yang sering saya gunakan, lebih mudah dipahami bagi orang awam seperti saya. anda penasaran, silahkan coba langsung.

 

3. UbberSuggest 

UbberSuggest

 

UberSuggest mengekstrak frasa kunci dan menyarankan kata kuncikemudian menampilkannya dalam  daftar format yang dapat dengan mudah disalin dan disisipkan. Buka http://ubersuggest.org. Ketik kata-kata dan klik "Suggest". Telusuri daftar ide dan klik pada frasa yang relevan.Klik pada ikon + hijau  untuk memilih kata kunci yang Anda inginkan. Lalu klik pada "Get" di bagian kanan atas halaman. Sebuah kotak akan muncul daftar semua kata kunci. Pilih semua, lalu klik copy untuk mengekspor langsung ke Google Keyword Tool. Paste di "Cari Kata Kunci" dari Google Keyword Planner. Ubah jenis pencocokan, lokasi, dan pilihan perangkat yang sesuai dan klik "Cari".


4.BuzzStream Meta Tag Extractor

BuzzStream Meta Tag Extractor 

 BuzzStream Meta Tag Extractor menggunakan tag judul, kata kunci, dan deskripsi meta untuk daftar URL.
  

5. Keyword Eye (gratis 10 pencarian kata kunci per hari)

Keyword Eye


Keyword Eye adalah tools untuk mengumpulkan kata kunci untuk PPC dan SEO. Masukkan kata kunci dan tools ini akan menunjukkan saran kata kunci. Ukuran kata kunci akan mencerminkan volume pencarian bulanan dan warna akan menunjukkan tingkat persaingan kata kunci tersebut. Anda dapat menemukan data tambahan dan visualisasi ditab yang berbeda dari laporan dan kata kunci.. Inilah yang dapat dilakukan tools ini untuk anda:


Menemukan kata kunci untuk PPC atau optimasi SEO
Mengumpulkan daftar pesaing kata kunci dan data peringkatnya
Menganalisis tren kunci


 

Lanjut pada Content

6.  Copyscape

Copyscape

Copyscape adalah software online untuk mengecek Plagiat atau copy paste sebuah konten. jika artikel pada blog/situs anda lolos copyscape ataupun jika dicek menunjukkan hasil "No Result Found" maka blog/situs anda berarti lolos dari kegiatan copy paste dan bisa dikatakan konten anda adalah unik. Silahkan cek keseluruhan isi konten anda disini, jika anda pengguna blogspot anda bisa mengecek seluruh artikel yang ada dengan mengetikkan url http://example.blogspot.com/feeds/posts/default ganti example dengan url link blogspot anda.

7. Siteliner

Siteliner

tak jauh berbeda dengan Plagiarism Checker lainnya tools ini juga sama untuk mengecek keunikan konten,
tools ini ini akan menjelajah situs Anda dan melaporkan jika ada duplikasi, link yang rusak, XML sitemapinternal pagerank dan banyak lagi.

8. SEO-Browser

 
seobrowser
















Tools ini memberikan informasi mengenai:

Meta Data
Robot.txt
Elemen Javascript
Link internal dan eksternal
Teks untuk rasio halaman yang berat


Lanjut pada Teknik

9. Google Webmaster Tools

Daftarkan situs Anda dengan Google Webmaster Tools untuk pencarian Kueri, untuk memeriksa perbaikan HTML, Data markup terstruktur, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tools ini untuk melihat:

Wawasan Keyword 
Pola lalu lintas Statistik Kepengarangan Metrik kecepatan situs 

10. ScreamingFrog

ScreamingFrog

 

ScreamingFrog adalah tools yang hebat untuk megaudit SEO secara lengkap. Dengan analisis yang cepat, mengaudit, dan mengulas situs dengan SEO dengan perspektif. Tools ini membantu dalam menganalisis situs besar, yang sulit untuk diperiksa secara manual. 

11. SEOChat

seochat

 

Lanjutan untuk memeriksa Meta Tag, dan bagaimana hasilnya pada pencarian google.


12. Google PageSpeed Insights

Pagespeed

Tools ini mengukur kinerja sebuah halaman di kedua perangkat mobile dan perangkat desktop. Ini mengambil URL dua kali menggunakan  pengguna mobile dan dengan  pengguna desktop. Masukkan URL halaman web dan klik "Analyze".  PageSpeed ​​Score berkisar dari 0 sampai 100 poin. Skor lebih dari 85 menunjukkan halaman berkinerja bagus. 

13. GTmetrix (gratis 5 url per bulan) 

 

GTmetrix

 

  GTmetrix menganalisis kinerja sebuah halaman web dengan menggunakan data dari Google PageSpeed ​​dan Yahoo.



14.  Pingdom Website Speed Tool

pingdom 

Pingdom Tools membuka semua halaman di situs Web Anda . Tools ini juga membantu Anda menemukan apa yang memperlambat waktu saat membuka situs Anda. Setelah Anda mennegetahui penyebabnya, Anda dapat memperbaiki masalah tersebut segera. Pingdom juga akan menyediakan Anda dengan nilai kinerja, waktu buka secara keseluruhan, ukuran halaman, dan rekomendasi mengenai bagaimana Anda dapat mempercepat situs Anda.

15. Feedthebot

Feed the Bot 

Feedthebot adalah kumpulan selusin tools untuk menganalisis kecepatan halaman dan kinerja. Beberapa dari mereka termasuk:  

SEO Page Spider
I
mage SEO ToolGoogle Guideline Check
Mobile SEO Tool

Social Media Count
Page Speed Tool
CSS Delivery Tool 

16.XML-Sitemaps.com (Free indexing of 500 pages)

XML Sitemap

 

Dengan membuat sitemap Anda dapat memastikan Google mengetahui tentang semua halaman di situs Anda. Ini termasuk URL yang mungkin tidak ditemukan oleh crawlerGoogle. Sitemap (peta situs) juga dapat memberikan metadata kepada Google tentang jenis konten di situs Anda. Berikut langkah untuk membuat sitemap untuk website Anda:
Buka 
XML XML-Sitemaps.com. Masukkan URL website Anda  yang muncul pada homepage. Anda juga akan diminta untuk mengisi beberapa parameter opsional.
Klik pada tombol "Start" dan tunggu beberapa saat situs sedang dijelajahi.
•Tools
ini akan menunjukkan jumlah halaman, link yang rusak, dan isi file XML.
Anda juga akan melihat link untuk men-download file sitemap. Klik link, download file tersebut dan upload di Google Webmaster account dan menambahkan URL sitemap Anda.


Diatas tadi adalah beberapa daftar tools gratis yang bisa anda gunakan untuk membantu menunjang SEO website anda, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

9 Responses to " 16 SEO Tools Untuk Optimasi Website"

  1. Banyak banget gan, beberapa malah baru tahu ada tool semacam itu. Terima kasih sudah share.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Gan, itu tools wajib buat optimasi website bisnisku, hasilnya joss, masih banyak juga tools lainnya

      Delete
    2. bisa bantu website saya mas untuk SEO?

      Delete
  2. Sangat banyak sekali toolnya :)

    Terimakasih sudah berbagi :D

    ReplyDelete
  3. Secara seo saya sdh coba semua gan.. on page dan off page, no duplicate content, unique, bikin twitter, promosi di fb juga, cuma kk page rank gak berubah, visitor gak nambah, yg terpenting.. susah dpt page one. Hehe

    ReplyDelete
  4. ini dia info yang aku cari...terima kasih min...

    ReplyDelete