Google Pigeon : Yang Perlu Anda Ketahui

Pada Juli 2014, Google merilis update algoritma baru untuk pencarian lokal, yang bernama bernama "Pigeon". Ini update terbaru dari Google bertujuan untuk memberikan peningkatan hasil pencarian lokal, dengan peningkatan algoritma berdasar lokasi dan jarak.

Google Pigeon


Tidak seperti update Penguin dan Panda , ini bukan update tentang hukuman untuk website, tapi ini adalah perubahan inti untuk algoritma peringkat dalam pencarian lokal. Dengan rilis dari pembaruan ini, beberapa bisnis lokal mungkin terlihat peningkatan atau penurunan dalam peringkat situs,. Perubahan yang disebabkan oleh pembaruan ini akan terlihat dalam hasil pencarian Web Google dan Google Maps pada hasil pencarian. Website bisnis saya yang mengincar pasar lokal (Purwokerto) juga merasakan dampak algoritma Pigeon (Merpati) ini, kebanyakan pengunjung sekarang berasal dari area sekitaran Banyumas, ya karena saya sengaja juga mengincar market lokal.

Menurut Google ini adalah sedikit  penjelasan untuk Pigeon :

Algoritma baru ini memiliki kemampuan  yang lebih dalam pada pencarian web, termasuk ratusan link peringkat yang digunakan untuk pencarian web dengan fitur pencarian seperti koreksi ejaan, pengetahuan grafik, sinonim dan banyak lagi. 
Algoritma ini juga meningkatkan posisi jarak dan peringkat lokasi parameter.

Namun Google tidak menjelaskan secara rinci ketika update terbaru ini. Untuk sekedar berbagi pengetahuan berikut ini saya sedikit menguraikan semua perubahan yang terjadi akibat update Pigeon ini yang sedikit dijelaskan oleh Google.

1.Sekumpulan Hasil Pencarian Lokal Menghilang:
Setelah pembaruan ini, sejumlah  hasil pencarian Kueri bisnis lokal menghilang di SERP. sebagai gantinya Google menampilkan daftar alamat terlebih dahulu baru kemudian hasil pencarian yang mengarah pada suatu website
Lihat gambar:
toko aluminium 

diatas adalah contoh untuk hasil kueri pencarian dengan kata kunci "Toko Aluminium Cilacap", dulu kebanyakan hasilnya adalah mengarah pada website tertentu, kini google menunjukkan alamatnya agar pencarian para pengunjung lebih tertarget, keuntungannya bagi mereka pemilik bisnis yang Nomor telepon kontaknya telah tercatat pada direktori nomor telepon ataupun yang sudah memiliki akun bisnis di google

ketika dicek SERP pada fitur grafik oleh MOZ Cast, kueri pencarian diatas  merosot dari 12,1% dari kuery pada 26 Agustus menjadi 3,3% pada 30 Agustus.  
Lihat gambar:

Pigeon Effect



2. Keuntungan Peringkat Tinggi Untuk Direktori Lokal
Berbagai situs pencarian direktori lokal seperti Panggon telah terlihat mendapat manfaat  yang cukup besar dalam peringkat mereka. Untuk contoh jika kita mencari "Alamat di Purwokerto", hasil berikut muncul:  

lokal seo

 3. Otoritas Website Memainkan Peran Penting Dalam Peringkat Lokal
Update Algoritma ini lebih fokus dengan sinyal peringkat pencarian web lokal. Ini mungkin berarti bahwa website lokal sekarang akan lebih ditentukan oleh faktor-faktor seperti peringkat SEO, Domain Authority, Backlink, dll

Beberapa saran bagi pemilik situs web


Dengan dirilisnya update algoritma baru Google, salah satu pertanyaan yang mungkin muncul dalam pikiran Anda adalah "Bagaimana saya bisa mendapatkan keuntungan dari pembaruan ini?"  
 ini adalah beberapa tips yang efektif untuk bisnis lokal Anda untuk menjadi yang terbaik dimata Google;

Perlu diingat tujuan pembaruan algoritma Google Pigeon ini adalah untuk menjadikan pencarian hasil lokal lebih diutamakan di mesin pencari google. Oleh karena itu, situs-situs yang tidak memiliki  SEO-pun bisa solid dan berhasil muncul dalam persaingan peringkat tinggi.

Jika peringkat lokal Anda tiba-tiba jatuh, anda harus menjalankan penelitian kompetisi menyeluruh untuk melihat bagaimana konten website Anda, back-link dan karakteristik SEO lainnya.

Anda harus membangun kehadiran bisnis yang kuat di direktori lokal terkemuka di industri Anda. Untuk itu, Anda harus menemukan direktori lokal yang paling berpengaruh di niche Anda dan pastikan bahwa bisnis Anda terdaftar di masing-masing direktori ini. 

Anda harus memastikan nama bisnis, nomor telepon dan alamat juga konsisten di semua direktori lokal di mana bisnis Anda terdaftar.

Mempertahankan Google Places aktif dan kehadiran Google+ selalu disarankan.

Anda harus membuat kategori yang tepat untuk halaman lokal Google+ Anda. Untuk contoh-jika Anda ingin tampil di halaman hasil mesin pencari lokal untuk pencarian seperti "Web Design di Jogja" maka web anda harus berkategori web design Jumlah pengulas produk positif di Google+  Page lokal dan sumber lainnya memiliki pengaruh besar, terbukti pada peringkat pencarian lokal.


Pastikan bahwa website Anda adalah saat ini, menarik perhatian, dengan informasi yang relevan dan mempromosikan bisnis Anda dalam cara yang positif.

Anda harus menyertakan kota atau negara ke dalam tag judul website Anda.

Memiliki nama dari sebuah barang atau jasa inti dalam nama bisnis Anda dapat memberikan beberapa keuntungan lebih dari pesaing lain yang tidak memiliki hal ini.


Pembaruan update Google Pigeon ini telah membuat SEO organik lebih berpengaruh pada hasil pencarian lokal, pembaruan ini merevolusi cara yang ditampilkan pada pencarian lokal.  Oleh karena itu, Anda harus mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan bisnis Anda mendapatkan keuntungan dari algoritma baru ini.



Nb: saya penasaran kenapa update google selalu menggunakan nama binatang seperti Panda, Pinguin, Hummingbird dan Pigeon. kenapa gak Bancet, Kadal, Wedus ataupun Kamprett.. hahahaha
 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

5 Responses to "Google Pigeon : Yang Perlu Anda Ketahui"

  1. wah gan infonya bagus baru tau saya kalau ada google Pigeon

    ReplyDelete
  2. saya terkadang bingung bagaimana cara mengikuti aturannya itu ka .
    Jilbab instan

    ReplyDelete
  3. Kenapa google suka dengan istilah hewan ya ka?

    ReplyDelete