Tips Cara Memperpanjang Umur Adaptor Laptop

Tips agar membuat adaptor Laptop/Notebook/Netbook menjadi awet berikut ini adalah hasil dari pengalaman nyata saya selama ini dalam menggunakan Perangkat Komputer MiniPC Lenovo selama ini.

Dulu awal-awal menggunakan PC tersebut bisa sampai berjam-jam, rata-rata bisa sampai 4 jam keatas dan inilah yang menyebabkan Adaptor MiniPC menjadi panas, lama-kelamaan menjadi gosong.

Adaptor Laptop Rusak

Nah berawal dari kejadian itu, saya kira hanya tinggal ditunggu beberapa saat agar dingin kembali lalu dapat digunakan,
ternyata tidak dapat digunakan kembali alias mati total,

buka-buka forum jual beli perangkat komputer dan juga lihat-lihat informasi di beberapa situs jual beli online, harga rata-rata Adaptor Charger Laptop ini kisaran 170 ribu sampai 300 ribuan. Bagi saya terasa mahal,

Lha cuma perangkat adaptor yang isi dalemannya aja hanya ada trafo kecil seperti dibawah ini kok harganya segitu.

Adaptor Notebook

Padahal setahu saya nih, yang dulu sering banget beli Trafo buat bikin chager baterai, untuk ukuran 1 ampere saja harganya cuma sekitar 25ribu + Dioda dan elco yang ga sampai 10ribu. 

Tapi buat MiniPC saya ga berani pakai Trafo rakitan, maklum belum dapat sertifikasi resmi dari GE (General Electric) hahaha.

Tips Mengawetkan Adaptor Laptop

Dari judulnya kok mengawetkan, seperti makanan saja diawetkan ya.

Mengawetkan disini berarti  adalah usaha agar perangkat adaptor/charger Laptop atau Notebok dan Netbook ini menjadi lama dalam durasi pemakaiannya. 

Nah tips satu ini boleh kok dicoba ditempat Anda. Sebelumnya, saya mengganti adaptor yang rusak itu dengan Adaptor yang bernama "Universal Charger" di Toko Komputer kota Purwokerto yang saya beli ini harganya 90 ribu tahun 2014, 

dinamakan Universal Charger karena pada perangkatnya ada setelan Voltase yang bisa anda pilih, kebetulan juga perangkat MiniPC saya membutuhkan voltase 19 volt, tinggal set saja. 

Dan juga pada konektor yang menhubungkan ke Perangkat ada beberapa jenis model colokan (sekitar 8 jenis) anda tinggal memilih saja yang pas buat perangkat Notebook atau Laptopmu.

Adaptor Laptop Awet

Lihat gambar diatas,
Bahan yang diperlukan cuma satu buah kipas angin kecil dan juga bekas charger HP  yang sudah ga dipakai namun masih aktif sebagai sumber daya listrik buat kipasnya.

Caranya:
  1. Anda lubangi dulu adaptor buat laptonya bagian atas, kira-kira cukuplah buat udara masuk
  2. pasang kipas angin kecil diatasnya, boleh di Lem tapi pilih lem yang kuat, oh iya lupa untuk harga kipas angin mini ini cukup terjangkau, ditempat saya di toko elektronik purwokerto cuma 5 ribuan saja
  3. sambungkan Charger HP ke Kipas Angin mini tersebut agar menyala, pasti paham lah caranya. Arus pada charger HP umumnya 3,6 Volt sampai 5 Volt bisa dipasang. Sedangkan Kipas Angin mininya tertulis membutuhkan daya 12 volt.
    sengaja agar putaran kipas tidak terlalu cepat dan biar awet juga tentunya
Nah dari cara tersebut sampai kini alhamdulillah perangkat MiniPC saya bisa kuat dipakai berjam-jam, bisa sampai 6 jam lebih dan adaptornya hanya sedikit hangat.

Bisa dicoba ditempat anda,


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

9 Responses to "Tips Cara Memperpanjang Umur Adaptor Laptop"

  1. Mantap betul yah adaptor dikasih kipas segala. Mirip modifikasi modem saja.

    ReplyDelete
  2. Ni ma pekerjaan kaum adam, ku nyerah masalah ginian, mending ke dapur

    ReplyDelete
  3. Kreatif mas, cuma tetep simple ga untuk dibawa kemana2. karena tetep ada resiko benturan or gesekan di dalam tas. hehehe
    Salam Nge-BluR

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan buat miniPC bos, kalau buat laptop/netbook ya modifnya dirapiin dikit.

      Delete
  4. Mantap abis, hehe adaptor dikasih kipas.... bakal lebih adem dh :D
    Eh, kalau ada kipas ntar debu bisa masuk donk ya ke adaptor melalui lubang...

    ReplyDelete
  5. Walah kreatif banget om, tapi saya mah ga berani kalau sampe lubangin begitu

    ReplyDelete