Benarkah Bitcoin Lebih Menguntungkan Dari Emas

bitcoin-dan-emas-keunggulan

Membaca pernyataan Penulis diwebsite resmi penjual bitcoin, saya jadi tergelitik untuk sekedar meluruskannya

Membandingkan Bitcoin dengan Emas kurang bijaksana, membandingkan sesuatu yang tidak apple to apple. Penulis hanya melihat dari satu sisi saja, tanpa melihat secara utuh sisi yang lainnya.

Ini bisa menyesatkan para investor pemula atau awam. Penulis tidak bisa membedakan antara investasi, alat tukar dan trading.

Emas sudah ratusan bahkan ribuan tahun dikenal dan digunakan manusia baik sebagai alat tukar maupun investasi sampai detik ini.

Walaupun sebagai alat tukar langsung emas sudah tidak dipergunakan lagi, namun NILAI-nya masih digunakan sebagai acuan bagi ukuran mata uang fiat paling kuat sekalipun seperti USD.

Sebagai alat investasi atau asset, emas sampai detik ini diakui sebagai safe-haven, jika terjadi gejolak perekonomian, orang pasti lari ke emas.

Emas juga alat ukur biaya paling akurat sepanjang jaman, lihat artikel  ini Emas Alat Ukur

Saya setuju sekali, Bitcoin adalah terobosan yang luar biasa. Tapi, bitcoin sebagai mata uang digital, setidaknya sampai dengan hari ini belum bisa terwujud.

Kenapa?

Karena harga bitcoin sulit diprediksi, fluktuasinya terlalu tajam.

Seperti saat ini saja, dalam kurang dari 10 hari, bitcoin bisa turun lebih dari $1000.
Volatile seperti ini akan menyulitkan bitcoin menjadi sebuah mata uang sesungguhnya.

Itu sebabnya pula ketenaran bitcoin tidak sebanding dengan meningkatnya Merchant yang menerima pembayaran dengan bitcoin.

Para pebisnis, masih banyak yang enggan menerima bitcoin sebagai alat pembayaran, sebab terlalu beresiko bagi pemilik bisnis.

Jadi cerita di artikel beli minuman pake bitcoin itu masih baru dalam cerita, kenyataannya kita kan masih sulit juga cari toko minuman yang terima bitcoin.

Membandingkan beli tiket pesawat dengan emas ya salah banget gitu, emas memang bukan alat pembayaran saat ini, tapi bahwa nilai emas masih secara de facto menjadi alat ukur uang fiat itu yang bener.

Menurut saya, bitcoin saat ini masih "terjebak" sebagai "komoditas digital", orang membeli bitcoin bukan sebagai mata uang, tapi untuk mencari keuntungan dari pergerakan harganya.

Secara pribadi saya suka dengan bitcoin dan cryptocurrency lainnya, bahkan berharap harganya stabil sehingga bisa di prediksi dan menjadi mata uang digital yang sebenarnya. Akan ada banyak manfaat bila ini benar-benar terwujud.

Setiap instrumen investasi itu punya porsi keunggulan dan kelemahan masing-masing, dia akan mendatangkan manfaat yang besar jika digunakan dalam kapasitasnya masing-masing.

Ingat, investasi dan trading itu hal yang berbeda, seringkali orang mencampuradukan ini...

Sesuatu yang diciptakan Tuhan tidak bisa dibandingkan dengan sesuatu yang diciptakan manusia..
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Benarkah Bitcoin Lebih Menguntungkan Dari Emas"

Post a Comment