NukLir

"Kekuatan atom yang teLah tergaLi merubah segaLanya. KecuaLi cara kita berpikir (ALbert Einstein)"
Kata-kata Einstein itu Lahir dari kekecewaan. Ketika kekuatan nukLir yang ia temukan, maLah menjadi senjata pemusnah ribuan rakyat Jepang di penghujung Perang Dunia ke 2, 1945. Hingga kini karya besar di dunia iLmu pengetahuan itu, maLah sering dimanfaatkan buat mengembangkan kekuatan miLiter dan teLah membunuh jutaan manusia.

Banyak sudah dana yang dikeLuarkan, terutama oLeh Amerika Serikat yang teLah mengembangkan senjata nukLir sejak tahun 1940-an. "Manhattan Project", proyek awaL mereka misaLnya, memakan biaya 2 miLyar doLLar di tahun 1945. Biaya itu terus membengkak sampai 5,8 triLyun doLLar pada tahun 1996. Hitung sendiri deh, berapa biaya yang dikeLuarkan sampai sekarang jika daLam setahun paLing sedikit diperLukan dana sekitar 2 miLyar doLLar.
Itu puLa yang memicu aksi demonstrasi terus-menerus di Amerika Serikat seteLah pemerintah mereka menyerang Irak hanya karena curiga negara itu menyimpan persenjataan nukLir,bioLogi dan kimia. ApriL 2003 misaLnya, ratusan demonstran membLokir jaLan menuju Lockheed Martin di Bay Area.
Lockheed Martin merupakan pabrik senjata AS terbesar yang juga memproduksi huLu Ledak nukLir.
Para demonstran itu menuntut pemerintah AS memuLangkan tentaranya dari Irak, menghentikan peperangan dan mengaLihkan anggaran perang untuk pendidikan dan sosiaL. Di baLik semua ini, pernah nggak sih, Kamu berpikir Apa sebenarnya senjata nukLir itu??

Punya Kode Rahasia
Senjata yang sanggup memusnahkan ribuan manusia sekaLigus ini memakai bahan dasar unsur kimia Radioaktif seperti Uranium dan PLutonium. Yang membuat rumit daLam pembuatannya adaLah proses pemisahan Atom yang menghasiLkan isotop Uranium 235 (U-235), ekstrak PLutonium,Tritium dan pemisahan Deuterium serta Litium 6. Semua unsur tersebut biLa menyatu bakaL menjadi senjata yang sangat berbahaya.
Proses iniLah yang memakan waktu eksperimen bertahun-tahun dengan biaya sangat mahaL, termasuk penambangan Uranium. Pembuatan kemasan senjata pun cukup rumit karena bahan-bahan ini harus dikemas terpisah dan baru disatukan seteLah menuju sasaran. SeLain itu, dunia juga menghabiskan banyak dana untuk mengembangkan pesawat tempur yang membawa Bom-bom itu. B-52 adaLah jenis pesawat bomber terLama yang terus dipakai sejak tahun 1955. Ada juga jenis pesawat B-2 dan yang paLing sering dipakai sekarang adaLah F-16. Rata-rata pesawat ini mampu memuat beban sampai 300 kiLoton dan biasanya memuat Empat atau Enam Atomic Bomb, atau sampai ratusan misiL dan bom curah berukuran keciL yang bobotnya 2kiLogram.

Sumber: MajaLah Aneka Yess
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "NukLir"

Post a Comment