Musik

Tentang Musik, Nada, Lagu, Melodi, irama, Nyanyian ataupun sejenisnya.

Simbol Musik

 Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602)
Musik adalah: ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Berbicara mengenai Musik, anda akan menemui berbagai pengertian dari beberapa pandangan. Baik dari sisi ilmu pengetahuan ataupun dari ilmu agama.

Lalu bagaima Musik dalam pandangan kaum Muslim??

 Dalam sejumlah riwayat, Rasulullah sendiri disebut-sebut memang melarang alat-alat musik. Abu Malik al-Asy’ari, salah seorang sahabat, pernah mendengar Rasulullah mengecam al-ma’├ózif (alat-alat musik). Saat itu, Rasulullah mengatakan, “Akan ada segolongan dari umatku nanti yang menghalalkan zina, khamr, dan alat-alat musik.” Kisah Abu Malik ini tercatat dalam Shahih al-Bukhari. Di situ, Rasulullah menyetarakan alat-alat musik dengan zina dan khamr.

namun jika memang musik itu dilarang oleh nabi, mengapa dalam acara televisi sekarang ini sering menampilkan ceramah para Ustadz/Ustadzah yang terkadang dibarengi dengan Musik?
ada yang berkata "itu Hadroh, bukan musik"
lha Rebana yang dipake itu jenis apa? apakah jenis alat panen padi??.
Sekarang sering kok acara ceramah di televisi diiringi musik. Katanya hidup tanpa musik itu ibarat makan sayur tanpa garam, Hampa.
Sampai suatu ketika saya membaca sebuah tulisan dari seorang Doktor muslim yang mengatakan bahwa musik yang diharamkan adalah musik yang "Tidak Memberdayakan Diri". Maksudnya adalah seperti musik-musik galau yang membuat penyanyinya makin galau.
hahaha,,,

saya jadi teringat tulisan saya di Grup Facebook Latanza ;
Musik itu Lebih mudah masuk ke dalam pikiran daripada sebuah "Bacaan". Karena musik adalah sarana iblis paling ampuh, siapa sih orang yang tidak suka musik, hampir dipastikan Kita-kita menyukai musik. Kalau Aku pribadi Lebih menyukai musik Jenis InstrumentaL n Klasik, itu Lho musik yang ga ada nyanyiannya. Seperti dari Kitaro,Maksim Mrvica, Mozart,Beethoven dll.
Coba Anda ingat-ingat berapa ratus Nyanyian yang Kamu hafal, mungkin jika dibukukan akan melebihi Tebalnya Kitab Sucimu.
Aku sih ga munafik, jujur Aku juga menyukai musik dan nyanyian (dalam tanda kutip)
Salam Sukses deh buat para Iblis dan Syetan yang telah melesetkan Milyaran manusia dengan Musik. Tanpa Lelah Kalian terus bekerja demi menyesatkan manusia dari jalannya. Salut dengan Ketekunan dan Dedikasimu.


Imam Syafii pernah berkata ;
"Nyanyian adalah sekumpulan Kata-kata tak bermanfaat dan di Akhirat nanti Persaksian (Syahadatnya) ditolak"

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Musik"

Post a Comment