Aktivasi Jalur Rel Purwokerto Wonosobo ; Mungkinkah?

Belakangan ini mulai rame berita lokal didaerah saya yang memuat berita tentang rencana aktivasi kembali jalur rel Purwokerto - Wonosobo.

Mulai dari koran lokal sampai media maya banyak pula menulis berita berkaitan rencana ini. Dikatakan bahwa DAOP 5 memiliki rencana pembukaan kembali jalur Purwokerto ke Wonosobo ini.
Menurut pandangan saya pribadi sebagai salah satu orang yang pernah turun langsung ke lapangan (maksud saya jalur rel) tersebut,  agaknya rencana pembukaan aktivasi kembali jalur yang sudah mati tersebut merupakan rencana yang boleh dibilang pemborosan, atau boleh dikatakan rencanannya agak ngawur.

Sekali lagi ini menurut opini pribadi lho ya, lagian saya bukan orang penting kok, jadi gak bakal berpengaruh juga pendapat saya ini.
Nah, biasanya kan kalau opini atau pendapat itu harus disertai dengan setidaknya bukti-bukti pendukung sebab-sebab mengapa opini itu ada.

Saya juga memiliki pendapat itu memiliki sedikit beberapa alasan mengapa saya mengatakan rencana dari DAOP 5 ini mungkin akan mustahil bisa terealisasi, mungkin lho ya.
Bisa saja tercapai kalau Tuhan menghendaki.

Jalur Rel Purwokerto Wonosobo

Lihat pada gambar diatas, ini saya ambil saat pengerjaan pemasangan Plank PJKA,
Anda bisa membayangkan apa jadinya kalau rencana aktivasi rel tersebut terealisasi.

 Mungkinkah jalur kereta api dan jalur jalan raya berdekatan sedekat itu?
 kalaupun jalur jalan raya digeser itu gak mungkin karena pada foto diatas, sebelah kiri jalur tersebut merupakan tanah miring (ingat banyak pengendara motor standar bukan pembalap MotoGP yang bisa mengendarai secara miring).

Nah ini pada foto dibawah ini, sudah dijadikan jembatan malah, kalau tak salah sudah jadi jalur vital bagi warga setempat, kalaupun memang tergusur nantinya, maukah pihak KA mengganti dengan membuatkan sebuah jembatan yang baru lagi?? 

Jalur Rel Purwokerto Wonosobo

Ada lagi jalur yang bentuk Rel-nya sudah mulai tidak terlihat karena banyak tertutupi pepohonan dan tanah, setidaknya butuh berapa tahun untuk bisa terealisasi??

Jalur Rel Kereta Purwokerto Wonosobo

Didaerah Bawang Banjarnegara, tahun 2014 kemaren jalan raya-nya sudah diperlebar, banyak rel lama diangkat.
lah apa iya nanti DisHub mau Konfrontasi sama KA.

Kamu mau bawa motor sebelahan sama kereta api?? (ciyee)

Adapula jalur rel yang kini sudah ditempati bangunan secara permanen oleh warga sekitar, okelah kalau memang ini adalah tanah sah secara hukum milik dari pihak KA, tapi pertanyaannya apakah mungkin semudah itu menggusur tempat yang sudah memiliki kenangan tersendiri bagi warga tersebut??

Jalur Kereta Api Purwokerto Wonosobo

Selain itu adapula jalur yang kini sudah dilewati menjadi jalan raya desa, dalam artian jikapun rencananya terlaksana, mau gak mau harus siap penambahan Palang Pintu Pengaman dengan bunyi tulit-tulit itu.
 Kalau gak dikasih, sama saja memberikan kemudahan tugas sang malaikat Izrail.
Jalur Rel Kereta Api Purwokerto Wonosobo

Tulisan gak penting ini saya buat sebagai opini pribadi kritik terhadap rencana aktivasi jalur rel kereta api Purwokerto Wonosobo, secara arus transportasi kedua daerah tersebut sudah diramaikan oleh jalur Bus dan juga dimasa kini sudah banyak masyarakat yang memiliki kendaraan sendiri.

Daripada mengaktifkan jalur yang belum tentu akan mendatangkan Profit Perusahaan, mendingan tambahin saja jalur ganda antara Purwokerto dan Kroya.
Sebab dijalur itu masih tunggal dan sudah jelas-jelas jalur tersebutlah yang rame. (update, sudah dibuat jalur PWT Kroya)

Hutan Salak Banjarnegara
Kenangan 01 Juni 2013
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

5 Responses to "Aktivasi Jalur Rel Purwokerto Wonosobo ; Mungkinkah?"

  1. hanya tertawa membaca tulisan ini...., lihat broo reaktifasi jalur ambarawa - semarang , negara maju tulang punggung transportasi warganya adalah kereta broo, coba ke jepang atau ke eropa brooo

    ReplyDelete
  2. Mungkin saja pak. saya mendukung saja apa yang pemerintah lakukan. warga yang menempati tanah KA seharusnya menyadari apa yang jadi haknya dan mana yang tidak.

    ReplyDelete
  3. apapun yang di lakukan negara itu bisa saja terlaksana..
    masalah lahan kan sudah ada . pasti sebelummelakukan sebuah kebijakan .. pemeriintah itu sudah memikirkan matang matang..
    so nothing impossible for to do something...

    ReplyDelete
  4. Nggak masalah di jaman sekarang, masalah2 yang anda sebutkan diatas sudah dipikirkan dalam DED tentunya, malah rencananya sebagian dibuat trase/jalur baru kok dan terhubung bandara wirasaba untuk akses bandara langsung dari purwokerto, mosok belum2 udah pesimis seperti anda menghambat kemajuan negara.. Dan keinginan anda jalur ganda kroya-purwokerto sudah berjalan lancar dan proyek reaktivasi ini sudah ada anggarannya sendiri.Mau bermacet ria menggunakan kendaraan pribadi atau bus dalam 10 tahun kedepan?

    ReplyDelete