IdWebHost

Tips Sebelum Membeli Domain .co.id

Saya rasa ketika anda membaca judul ini, saya asumsikan anda sudah mengerti apa itu domain. Kalau belum tahu, saya beri gambaran lagi bahwa domain itu ibarat alamat rumah bagi sebuah website. Contoh nih blog ini beralamat lukmandescartes.blogspot.com , nah itu domain. Hanya saja masuk kategori SubDomain karena masih numpang Hosting pada server Blogspot milik Google. Lalu ada lagi yang disebut Top Level Domain, ini yang paling banyak dipakai dan juga paling familiar pastilah anda pernah lihat kan domain dengan ekstensi akhiran ".com" nah itu juga domain. Dan kabar baiknya, dari dalam negri kita juga ada registrar pendaftaran domain dengan ciri khas ekstensi .id. kode negara tercinta kita Indonesia. Dan setiap warga negara Indonesia bisa mendaftarkan nama domain dot ID.

Domain .co.id


Namun yang perlu diperhatikan ialah, bahwa membeli atau dalam hal ini mendaftar domain dengan ekstensi .id tidaklah semudah membeli TLD pada umumnya seperti .com, .net .org yang mana hanya membayar saja anda sudah berhak memilikinya. Domain dot ID berada dibawah pengawasan PANDI (Pengelola Alamat Domain Indonesia). 
Kemarin saya mencoba mendaftarkan sebuah domain .co.id milik tetangga saya, dimana domain ini akan digunakan sebagai branding usahanya. Seperti biasa saya membeli ditempat langganan saya yaitu IdWebHost. Saya sendiri berlangganan disini sudah lama, contoh domain yang saya beli disini yaitu Website Komunitas Media Informasi  www.banyumasku.com
 
Namun seperti diinfokan oleh CS-nya, ternyata ada beberapa syarat ribet yang harus dipenuhi sebelum bisa memiliki domain ekstensi .co.id ini. Adapun syarat wajibnya adalah ;
  • Hosting
    Tidak seperti domain TLD lainnya yang bisa tanpa hosting sebab sudah memiliki managing DNS sendiri. Untuk domain .id anda wajib membeli hosting tambahan buat setting DNS. Beli saja paket termurah disini > Pusat Hosting Termurah, ingat sesuaikan dengan kapasitas yang akan dibutuhkan oleh anda.
  • KTP
    Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Indonesia
  • NPWP
    Nomor Pokok Wajib Pajak, karena berkaitan dengan usaha maka diwajibkan memiliki NPWP
  • SIUP
    Surat Izin Usaha Perdagangan
  • TDP
    Surat Tanda Daftar Perusahaan
  • HO
    Surat Izin Gangguan Tempat Usaha
Semua surat tersebut  discan, dalam hal ini difoto dengan kamera resolusi jelas dan dikirim kepada pihak IdWebHost. Dan satu lagi yang perlu diperhatian adalah kesamaan nama usaha anda dengan naman domain .co.id yang akan didaftarkan. Jika terdapat perbedaan nama, maka Anda diwajibkan membuat Surat Pernyataan Bermeterai 6000 discan/ difoto juga dan dikirim ke pihak Registrar tersebut. Seperti contoh misal nama perusahaan anda adalah Latanza Enterprises (hanya contoh), namun anda mendaftarkannya LE.co.id maka wajib pakai surat pernyataan, walaupun itu hanya singkatan saja itu tetap wajib dan ini peraturan mereka bukan peraturan Mbah-mu. Untuk contoh surat pernyataannya, anda bisa buka template disini > Surat Pernyataan Pernyataan Domain

Demikian tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli domain .co.id ataupun ekstensi .id lainnya. Jika masih saja mengalami kesulitan, anda bisa menghubungi saya nanti saya bantu settingkan jika anda membelinya ditempat yang sama dengan langganan saya > IdWebHost.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Tips Sebelum Membeli Domain .co.id"

Post a Comment